Hijab.id

Yakin Mau Ganti Profesi? Tanyakan Dulu 5 Hal Ini ke Diri Sendiri

20 Apr 2021  |  380x | Ditulis oleh : Admin
Yakin Mau Ganti Profesi? Tanyakan Dulu 5 Hal Ini ke Diri Sendiri

Akan ada masanya orang merasa bosan dengan satu profesi yang sedang dilakukannya. Biasanya profesi yang saat ini dijalani merupakan hasil dari pendidikan yang telah ditempuh. Maka pekerjaan pun sesuai jurusan pendidikan yang dienyam. Tidak jarang profesi yang saat ini dijalani akan berubah karena kita berpindah kerja. Mungkin karena masa kontrak habis, lalu mencari pekerjaan yang berbeda meskipun bidangnya tidak terlalu jauh. Tapi pernahkah anda benar-benar merasa ingin mengganti pekerjaan? Jika anda berencana mengganti pekerjaan, ada baiknya melihat 5 hal ini ke diri sendiri agar karir anda semakin sukses.

1. Apakah usia anda masih produktif?

Jangan pernah sekali-kali berpikir mengganti pekerjaan tanpa berpikir panjang. Pahami terlebih dahulu pekerjaan yang ingin anda lakukan. Adaptasi yang baik sangat penting dimiliki agar mampu bekerja dengan lancar dan mudah mendapatkan promosi. Dan jika perbedaan job desk lebih besar dibandingkan pekerjaan sebelumnya, baiknya cek usia terlebih dahulu apakah masih mampu atau tidak.

2. Apakah anda punya skill yang cukup?

Salah satu hal yang perlu ditanyakan kepada diri anda saat ingin memilih pekerjaan baru atau berpindah profesi adalah dengan berpikir apakah memiliki skill yang cukup untuk melakukannya. Dan sebelum memutuskan berganti karir, minimalnya persiapkan diri dan pahami ilmu dasar profesi baru anda.

3. Siapkah mengulang karir dari awal?

Karena anda bekerja dengan bidang pekerjaan yang baru dan berbeda berarti anda sudah siap untuk mengulang karir dari awal kembali. Itu adalah risikonya. Jadi Apakah anda sudah siap untuk mengulang kembali karir tinggi yang sudah dicapai?

4. Sudahkah manfaatkan networking dan riset?

Networking dan riset adalah pendukung yang sangat berperan aktif saat anda ingin berpindah profesi bidang baru. Tanpa adanya network, anda akan kesulitan mencari pekerjaan baru terlebih di bidang yang berbeda. Carilah jaringan pertemanan sebanyak mungkin agar mudah mendapatkan pekerjaan baru di bidang yang berbeda. Untuk melakukan riset terkait profesi baru anda.

5. Maukah gaji berkurang?

Risiko yang bakal anda alami ketika merubah profesi di bidang yang berbeda adalah gaji anda akan berkurang. karena Anda masuk di bidang yang berbeda maka bisa dikatakan bahwa anda merupakan seorang pemula. Maka ada kemungkinan bahwa anda akan berada di posisi bawah dan memiliki gaji rendah.

Itulah beberapa hal yang perlu anda tanyakan pada diri sendiri jika ingin berpindah profesi di bidang yang berbeda. Pikirkanlah secara matang-matang apa yang akan anda lakukan ketika berganti profesi agar tidak menghalangi jalan kesuksesan anda nantinya.

Baca Juga: