RajaBacklink

Wajib Coba Nih! Aneka Minuman Lokal Khas dari Kota Medan

21 Apr 2021  |  353x | Ditulis oleh : Admin
Wajib Coba Nih! Aneka Minuman Lokal Khas dari Kota Medan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan yang luar biasa. termasuk salah satunya makanan dan juga minumannya yang sangat beragam, setiap daerahnya seperti di kota Medan juga memiliki kuliner khas lokal tentunya. Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui minuman lokal yang berasal dari ibukota Sumatera Utara ini, berikut ini informasi lengkapnya.

1. Sirup Markisa

Salah satu minuman lokal khas Medan yang bisa anda dapatkan yaitu markisa. Buah yang satu ini merupakan buah khas kota berastagi yang berada di Medan Sumatera Utara, di mana markisa tumbuh di dataran tinggi tanah Karo.

Buah markisa bisa dinikmati dengan dua cara yaitu dinikmati buahnya secara langsung ataupun diolah menjadi minuman yang enak yaitu sirup markisa. Buah ini sangat mudah untuk dijumpai di supermarket kota Medan ataupun toko yang menjajakan oleh-oleh khas Medan.

Cara membuat atau mengkonsumsinya juga sangat mudah, pertama anda tinggal melarutkan sirup markisa tersebut dengan air putih dan diberi sedikit es. Agar lebih segar dan juga lebih nikmat ketika di konsumsi.

Sirup ini, umumnya banyak dicari menjelang idul fitri ataupun idul adha. Bagi yang hawatir dengan kandungan gula ataupun minuman yang satu ini tidak perlu bingung. Karena olahan sirup markisa ini alami berasal dari buah dan tidak menggunakan bahan tambahan apapun.

2. Roco Timun

Selanjutnya minuman yang berasal dari Medan dan masuk ke dalam salah satu minuman lokal khas Medan yaitu roco timun. Minuman yang terbuat dari air kelapa muda gula merah dan juga mentimun ini, sangat segar dan cocok sekali diminum atau dikonsumsi ketika siang hari.

Tidak lupa ditambahkan es batu dan juga dicampur kan dengan daun pandan sehingga lebih wangi dan juga lebih menyegarkan selain enak minuman ini juga sehat. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dan berasal dari buah-buahan.

Isi minuman ini dibuat sengaja untuk membantu memulihkan tubuh ketika sedang dehidrasi ataupun tidak memiliki tenaga setelah melakukan aktivitas seharian. Roco timun juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Medan ketika menjelang berbuka puasa saat bulan Ramadan.

3. Martebe

Tidak lengkap rasanya jika ke Medan tidak mengkonsumsi minuman yang disebut sebagai Martebe. Minuman markisa terong belanda ini, umumnya sering kali dikonsumsi oleh masyarakat Medan sebagai salah satu ganti minuman seperti jus yang sangat sehat dan tentu saja bermanfaat untuk tubuh.

Terong belanda sendiri memang sering dimanfaatkan untuk lauk makanan di rumah. Tetapi martebe ini ternyata khusus dibuat untuk minuman yang dapat disaring bijinya. Kemudian dihaluskan dan dicampur kan bersama dengan sirup markisa. Rasanya tentu saja manis disertai dengan sedikit asam dan juga segar ketika diminum.

4. Teh Susu Telor

Teh susu telor merupakan minuman selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan ketika datang ke Medan. Minuman khas yang satu ini memang seringkali dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Karena dipercaya dapat memiliki khasiat yang bagus untuk menjaga stamina tubuh.

Minuman ini terbuat dari susu kental manis dicampur dengan kuning telur ayam kampung ataupun bebek, sesuai dengan selera kemudian diblender dan nantinya ditambahkan dengan teh manis. Bagaimana rasanya ? Karena telah dicampur oleh teh dan juga susu kental manis, maka rasanya manis. Namun ada  beberapa orang mungkin tidak menyukainya karena rasanya sedikit amis, tetapi minuman ini bagus untuk kesehatan.

5. Kopi Sidikalang

Produk terakhir yang tidak boleh dilewatkan sebagai minuman lokal khas Medan. Tentu saja kopi sidikalang kopi yang dipetik dari area ketinggian 1472 dpl ini menjadi kopi andalan masyarakat Medan.

Kadar kafeinnya cukup tinggi, sehingga bagi anda harus hati-hati ketika mengkonsumsinya karena jika tidak menyukai kopi atau tidak terbiasa mengkonsumsi kopi. Maka jantung akan berdebar dan cukup sakit ketika diminum.

Baca Juga: