RajaKomen

CNN Indonesia Gaya Hidup - Tempat Rehabilitasi Narkoba Terbaik Cepat Pulihkan Pasien

3 Nov 2022  |  341x | Ditulis oleh : Admin
CNN Indonesia

Penyalahgunaan Narkoba atau Obat-obatan terlarang sampai saat ini kasusnya masih saja sering terjadi. Seperti yang kita tahu bahwa orang yang menggunakan Narkoba akan menyebabkan kecanduan, dan cara menyembuhkan mereka yang kecanduan akan obat terlarang ini memang sangat sulit. Untuk menyembuhkan mereka yang kecanduan Narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya memang dibutuhkan sebuah penanganan khusus yaitu dengan cara direhabilitasi.

Dikutip dari CNN Indonesia, bahwa program rehabilitasi narkoba merupakan sebuah upaya untuk mematahkan atau menyembuhkan kondisi pemakai narkoba yang telah mengalami ketergantungan terhadap barang terlarang ini. Fase ketergantungan ini membuat seolah seseorang tak bisa melepaskan diri dari menggunakan narkoba.

Maka dari itu pemilihan tempat rehabilitasi narkoba terbaik bisa menghasilkan kualitas pemulihan yang lebih baik juga bagi pasien. Karena jika bisa sembuh lebih cepat maka akan lebih baik bagi kesehatan dan juga masa depan mereka saat kembali berbaur dengan masyarakat.

Pecandu narkoba yang dibiarkan juga akan berdampak negatif dan berbahaya kepada masyarakat sekitar, karena bisa saja mereka bertindak nekat akibat pengaruh dari narkoba yang dikonsumsi. Tindakan kriminal seperti pencurian, pemerkosaan sampai pembunuhan mungkin saja terjadi. Karena dampak buruk narkoba yang begitu banyak, baik untuk dirinya sendiri maupun lingkungan disekitarnya.

Karena itu sebaiknya kita sebagai orang yang memang dekat dengan mereka, seperti keluarga ataupun teman baik, sebaiknya segera menyadarkan mereka dan segera membawanya ke tempat rehabilitasi terbaik seperti Ashefa Griya Pusaka. Karena masalah ini merupakan tanggung jawab kita bersama, dan bukan hanya tanggung jawab dari pemerintah saja, oleh sebab itu peranan masyarakat juga sangat penting dalam memberantas narkoba dan memulihkan kembali lingkungan sekitar dari pengaruh obat-obatan terlarang ini.

Sebelum melakukan tahapan rehabilitasi pecandu narkoba, ada baiknya mengetahui gejala spesifik pecandu yang sering muncul agar kita bisa selalu waspada dan bisa langsung membawa mereka melakukan rehabilitasi yang terindikasi sebagai pecandu narkoba dengan segera. Berikut gejala umum yang terjadi jika ada orang kecanduan narkoba;

  • Pupil mata mudah mengecil/membesar serta mata merah
  • Turun/naiknya berat badan secara signifikan
  • Pola tidur dan pola makan tidak beraturan
  • Penampilan tidak karuan
  • Terkadang terlalu berenergi atau cepat merasa lelah hingga muram
  • Rasa cemas berlebih dan cenderung menyendiri
  • Kurangnya konsentrasi
  • Sering mengalami mimisan
  • Tubuh sering bergetar hingga kejang
  • Cenderung lebih berani melakukan tindakan yang berbahaya/kriminal

Dengan mengetahui ciri-ciri dari pecandu narkoba tentunya kita akan semakin waspada, dan bisa dengan cepat bertindak jika memang benar orang tersebut memang sedang atau sering mengonsumsi narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

Pecandu narkoba memang masih bisa disembuhkan dengan cara rehabilitasi dengan 3 tahapan, yakni rehabilitasi medis (Detoksifikasi), rehabilitasi non-medis dan tahap bina lanjut (aftercare). Ketiga tahapan inilah yang akan diterapkan di berbagai tempat rehabilitasi terbaik termasuk Ashefa Griya Pusaka.

Jadi kesimpulannya adalah jangan pernah menunda proses penyembuhan pada pasien pecandu narkoba karena akan berakibat fatal, dan kenali ciri-cirinya secara umum agar orang-orang disekitar kita yang terindikasi menggunakan narkoba bisa kita ingatkan untuk berhenti dan bantu mereka untuk segera melakukan rehabilitasi di tempat rehabilitasi terbaik yang ada saat ini untuk pemulihan dan penyembuhan yang lebih baik. 

Berita Terkait
Baca Juga: