RajaKomen

Mari Kenali Lebih Jauh Tentang Pengertian Teks Biografi Bersama Pijar Belajar

13 Des 2022  |  377x | Ditulis oleh : Admin
Pijar Belajar

Biografi adalah sebuah catatan atau cerita mengenai kehidupan seseorang. Biasanya, sebuah biografi akan menceritakan tentang latar belakang seseorang, perjalanan hidupnya, prestasi-prestasinya, dan kontribusinya bagi masyarakat atau dunia. Biografi dapat ditulis dalam bentuk sebuah buku, artikel, atau bahkan sebuah film.

Tujuan dari sebuah biografi adalah untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai kehidupan seseorang dan memberikan wawasan kepada pembaca atau penonton mengenai bagaimana seseorang tersebut hidup dan bekerja. Sehingga tulisan tersebut bisa menjadi sebuah inspirasi bahkan menjadi teladan bagi pembaca biografi orang tersebut. Biografi seringkali ditulis oleh seorang penulis biografi profesional, tetapi juga dapat ditulis oleh orang-orang yang dekat dengan orang yang diceritakan dalam biografi tersebut.

Jadi, teks biografi adalah teks yang memuat kisah seseorang dalam menjalani hidup. Teks ini ditulis oleh orang lain agar dapat dibaca banyak orang untuk diambil teladannya. Biasanya teks ini memuat masalah yang pernah dihadapi tokoh, hingga kelebihan yang bisa menginspirasi sebagian besar pembacanya.

Selain ada teks biografi kamu juga harus tahu istilah lainnya yaitu teks autobiografi yang isinya juga membahas tentang kehidupan seseorang, yang perbedaan keduanya ada pada penulisnya. Jika autobiografi ditulis oleh tokoh itu sendiri, sementara teks biografi ditulis oleh orang lain. Dalam menyusun teks biografi kamu juga perlu tahu adanya struktur teks biografi yang sering digunakan penulis untuk mulai membuat teks biografi seseorang.

Struktur teks biografi biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti latar belakang, kehidupan awal, perjalanan karir, prestasi, dan kontribusi yang telah diberikan oleh tokoh yang ditulis dalam biografinya. Setiap bagian memiliki peran yang berbeda dalam menyajikan informasi tentang tokoh tersebut, dan bisa disusun dengan berbagai variasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penulisan biografi.

Jika kamu ingin mengenal tentang teks biografi lebih jauh lagi, kamu juga perlu tahu bagaimana ciri-ciri dari teks biografi tersebut. Cirinya yang paling bisa kita lihat adalah sebuah teks yang berisi tentang kisah hidup seseorang. Biasanya, teks biografi mencakup informasi tentang latar belakang, kelahiran, pendidikan, karir, prestasi, dan kematian seseorang. Teks biografi biasanya ditulis dalam bentuk naratif, yang berarti bahwa teks tersebut menceritakan kisah hidup seseorang secara urut dan terstruktur.

Jika harus dicontohkan tentunya akan banyak sekali tokoh atau orang terkenal di Indonesia yang sudah dibuatkan teks biografinya. Dari mulai pahlawan, mantan presiden, tokoh terkenal, sampai atlet yang sudah pernah mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang olahraga Internasional. Sebagian besar teks biografi memang akan terinspirasi dari kisah kehidupan mereka yang telah berjasa dan berprestasi dalam berbagai hal selama menjalani kehidupannya.

Nah, setelah mengetahui pengertian teks biografi, struktur sampai ciri-cirinya, tentu kamu menjadi semakin tahu dan bisa menambah pengetahuan tentang teks biografi yang sering muncul pada pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Untuk kamu yang lebih ingin tahu tentang materi pelajaran Bahasa Indonesia lainnya, kamu bisa mencari informasi lengkapnya di Pijar Belajar.

Pijar Belajar adalah layanan OTT Edukasi Digital dari PT. Telkom Indonesia sebagai rebranding atas layanan IndiHome Study dengan misi dan visi membantu pemerataan pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Dalam layanan ini tersedia Buku Sekolah Elektronik, Soal Latihan Belajar, Soal Latihan Ujian, dan Video Pembahasan.

Baca Juga: